Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI RANGKAIAN PANEL ATS PADA SISTEM KELISTRIKAN

Apa itu ATS dan apa fungsi ATS serta apa itu ATS -AMF? Sebagai seorang awam kelistrikan pasti pertanyaan itu yang akan di lontarkan ketika muncul istilah ATS.
Sebelum kepembahasan ATS mari kita telusuri kenapa ATS di gunakan?

Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan penggunaan listrik sudah termasuk kebutuhan primer di masyarakat, segala aktifitas dan pekerjaan tidak lekat dari pemanfaatan listrik, mulai dari kebutuhan rumah tangga, kantor, dan industri.

Pada sebuah perkantoran atau diperindustrian, listrik merupan komponen yang paling penting untuk tetap melakukan produktifitas pekerjaan,seperti sebuah komputer merupakan alat yang sangat penting untuk menunjang pekerjaan di perkantoran dan itu mebutuhkan sumber listrik untuk tetap bisa menyala, atau pada mesin mesin industri pada sebuah pabrik yang memerlukan sumber daya listrik yang sangat besar.

Permasalahan yang di hadapi adalah bagaimana apa bila arus listrik padam? tentu masalah ini sangat merugikan, berapa banyak data yang tidak terinput pada komputer, berapa banyak kerugian industri sehingga tidak bisa menghasilkan produk karna mesin tidak bisa bekerja, itu merupakan contoh kerugian yang dialami karna terputusnya sumber listrik.

Dari masalah yang terjadi di atas maka solusinya harus mencari sumber listrik alternatif, yaitu dengan menggunakan sebuah generator atau genset, genset merupakan alat pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar solar untuk memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik.

Ketika listrik PLN mati butuh jeda waktu untuk menyalakan sebuah genset, masalah jeda waktu ini akan sangat menggangu karena kadang pemadaman listrik bisa saja terjadi tanpa pemberitahuan.

Dari kondisi di atas kita butuh sebuah alat yang bisa menyalakan genset secara otomatis, sehingga pada saat pemindahan sumber listrik tidak ada jeda waktu, maka dari itu kita membutukan sebuah panel ATS.

ATS atau (automatic transfer switch) adalah alat yang digunakan untuk memindahkan sumber listrik PLN ke sumber listrik genset secara otomatis, ada juga AMF ( automatic main failure) berfungsi untuk menghidupkan genset secara otomatis, pada setiap genset genset saat ini modul AMF sudah terpasang pada genset tersebut.

Fungsi AMF hanya untuk menghidupkan genset saja dan tugas untuk menyalurkan listrik dari genset ke beban adalah dengan panel ATS.

Berikut gambar rangkaian sederhana ATS (automatic transfer switch).

Pada rangkaian di atas dapat di jelaskan cara kerjanya yaitu ketika sumber PLN menyala kontak K1 akan memutus arus rangkain genset sehingga genset mati dan sumber listrik dari PLN akan terhubung melalui kontaktor K1, sedangkan apabila sumber PLN terputus maka genset otomatis akan menyala dan listrik dari sumber genset akan terhubung ke beban melalui kontaktor K2.

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa ATS merupakan alat yang bermanfaat ketika adanya pemadaman listrik dari PLN maka akan secara otomatis memindahkan sumber listrik dari listrik genset sehingga kegiatan pekerjaan tetap berlangsung.

Dimikian artikel ini saya buat semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.





Posting Komentar untuk "FUNGSI RANGKAIAN PANEL ATS PADA SISTEM KELISTRIKAN"