Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MERUBAH MESIN CUCI OTOMATIS MENJADI MANUAL DENGAN 2 TIMER

Bagaimana cara merubah mesin cuci otomatis menjadi manual?, Pertanyan itu yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Mesin cuci sudah menjadi barang yang lumrah yang sering kita temui di setiap rumah rumah, alat ini sangat membantu memudah manusia  untuk mencuci baju sehingga dapat memperingan dalam melakukan salah satu kegiatan rutin di rumah tangga, Mesin cuci juga dapat di gunakan untuk mengeringkan pakaian, sehingga kita tak butuh tenaga untuk memeras baju. 

Mesin cuci yang ada sekarang terbagi menjadi dua jenis yaitu mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis, biasanya mesin cuci otomatis yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci manual yaitu mesin cuci 2 tabung, pada mesin otomatis mencuci dan mengeringkan dilakukan pada tabung yang sama, sedangkan pada mesin cuci manual, antara tabung untuk mencuci dan tabung untuk mengeringkan di bedakan.

Perbedaan cara kerja mesin manual dan mesin cuci otomatis yaitu terletak pada sistem pengoprasiannya, pada mesin manual pengisian air kedalam tabung harus kita tunggu hingga benar benar penuh, lalu kita atur timer pada pencucinya kemudian setelah selsai mencuci kita pindahkan baju pada tabung pengerin, cukup ribet bukan? Lain halnya dengan pencuci otomatis, pengisian air , pencucian dan pengeringan dapat kita atur sekali dan semua akan bekerja step by stepnya secara otomatis. 

Ketika terjadi kerusakan pada mesin cuci, dalam penanganannya mesin cuci manual lebih mudah di perbaiki dari pada mesin cuci otomatis, karena mesin cuci otomatis menggunakan modul untuk mengatur kinerjanya, modul adalah alat pada mesin cuci otomatis untung mengatur atau menyeting mesin cuci tersebut.

Kendala yang sering terjadi pada mesin cuci otomatis adalah ketika modul sudah rusak dan tidak bisa di perbaiki, mahalnya harga modul menjadi alasan orang untuk tidak memperbaiki mesin cuci otomatis ini, namun pada artikel kali ini saya akan memberikan solusi pada permasalahan di atas, dengan cara merubah mesin cuci otomatis menjadi manual.

Di banding membeli modul, biaya merubah mesin cuci otomatis menjadi manual lebih murah alias lebih hemat, hanya butuh beberapa komponen untuk menggantikan kerja sebuah modul, komponen tersebut yaitu  buah timer mesin cuci 3 kabel, 1 buah timer mesin cuci 2 kabel , 1 buah saklar DPDT dan 2 buah knop.

Berikut adalah wiring gambar asli skema mesin cuci 1 tabung merk Sharp.

Untuk lebih jelasnya saya akan gambar ulang skema tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini

Pada skema wiring diagram di atas dapat kita modifikasi menjadi menjadi skema mesin cuci manual.

Cara yang dilakukan yaitu pertama potong semua kabel yang menuju modul atau PCB mesin cuci otomatis, lakukan penyambungan kabel seperti gambar berikut ini.

Pada gambar skema mesin cuci diatas terjadi perubahan pada bagian kontrol modul, pada rangkaian ini untuk mengontrol mesin ke mode cuci, maka saklar DPDT harus pada posisi WASH dan timer pencuci di atur waktunya dan pada mode pengering saklar DPDT harus pada posisi DRAIN kemudian atur timer pengeringnya.

Demikian artikel saya buat, semoga bermanfaat.

3 komentar untuk "CARA MERUBAH MESIN CUCI OTOMATIS MENJADI MANUAL DENGAN 2 TIMER"

  1. Kurang begitu jelas sketma kabelnya yg tandaX itu kemn arahnya

    BalasHapus
  2. Kalo lid switchnya gadipake bisa ga bang? Langsung ke saklar gitu mksdnya?

    BalasHapus