Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RANGKAIAN STAR DELTA OTOMATIS PADA MOTOR 3 PHASE

Rangkain star-delta merupakan rangkaian yang sering di gunakan pada motor 3phase untuk menjalankan mesin- mesin industri.
Fungsi dari rangkaian star- delta ini adalah untuk meredam lonjakan arus pada start pertama mesin di hidupkan, pertanyaannya, bagaimana manakah cara rangkain ini meredam arus pada motor tersebut? .

Masalah peredaman arus ini dapat dibuktikan dengan rumus daya dan ketentuan rumus star delta, ketentuannya sebagai berikut: 

Besar tegangan line pada sambungan star adalah √3. V fasa( tegangan sumber) dan pada sambungan star besar arus line =  arus sumber.

Sedangkan pada sambungan delta, tegangan line = tegangan sumber dan arus line pada sambungan delta √3 . I fasa( arus sumber).

Ketika tegangan sumber 220v berapakah nilai tegangan line pada koneksi star dan koneksi delta?.
~Pada koneksi star V line =√3.v fasa( sumber) 
1,73 . 220v= 380 v
~pada koneksi delta V line =V fasa 
Vline = 220.

Dari perhitungan diatas koneksi star Y tegangan line nya lebih besar di banding koneksi delta ∆, Mengacu pada rumus daya (P = I × V × Cos pie) dapat disimpulkan, ketika nilai tegangan besar maka arus yang dibutuhkan nilainya kecil dan ketika nilai tegangan kecil maka arus yang dibutuhkan nilainya besar.

Dalam pengkabelan sistem star delta ada  2 tipe rangkaian yang sering digunakan yaitu rangkain star delta otomatis dan rangkaian star delta manual.

Dalam rangkain berikut ini saya akan menjelaskan rangkain star delta secara otomatis, adapun komponen yang digunakan dalam sistem kontrolnya yaitu terdiri dari 3 magnetik Kontaktor, 2 push bottom 1 TOR dan 1 timer.

Berikut ini adalah rangkain kontrol star delta otomatis dengan menggunakan timer.


Pada rangkaian kontrol di atas dapat di jelaskan, ketika push bottom NO di tekan maka kontaktor K1 dan K2 aktif begitupun timer on delay mulai bekerja pada keadaan ini rangkain membentuk koneksi star. Beberapa detik kemudian timer on delay mulai aktif dan memutus arus ke K2 serta bersamaan dengan itu mengaktif kontaktor K3 dengan kontak NO timer, dan keadaan sekarang menjadi koneksi delta.

Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian star delta otomatis, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "RANGKAIAN STAR DELTA OTOMATIS PADA MOTOR 3 PHASE"