Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PASANG LAMPU TL PHILIPS DENGAN MUDAH

Cara pasang lampu TL PHILIPS dengan mudah-Lampu TL merupakan singkatan dari " tube lamp" atau  lampu tabung. 
Lampu TL adalah  salah jenis lampu yang ada pada sistem kelistrikan,pada dasarnya lampu merupakan alat yang berguna untuk merubah energi listrik menjadi energi cahaya.

Menurut sejarahnya lampu pertama kali ditemukan oleh Thomas Alfa Edison dengan melaui berbagai macam percobaan sehingga mendapatkan cikal bakal lampu yaitu lampu pijar.

seiring berkembangnya zaman perkembangan lampu juga mengalami banyak perubahan yang sangat signifikan baik itu dari bentuk, materi yang digunakan,serta kekuatan cahaya yang di hasilkan.

Jenis jenis lampu yang ada pada saat ini 

1. Lampu PIJAR 
lampu pijar merupakan lampu generasi pertama, lampu ini menggunakan tungstet yaitu bahan yang akan mengeluarkan cahaya apabila dipanaskan, filamen tungsten dicampur bersama gas nitrogen didalam ruang hampa vakum, lampu pijar akan mengeluarkan panas berlebih ketika voltase di naikan.

2. Lampu NEON ( TL )
Lampu neon merupakan lampu yang berisikan gas argon atau neon, ketika aliran listrik masuk melalui gas argon maka gas argon akan menyala. Daya yang dibutuhkan akan berkurang ketika lampu ini menyala, yang artinya lampu ini hemat untuk pemakaian. Yang terkenal jenis lampu ini yaitu merk lampu TL PHILIPS.

3. Lampu CFL
Lampu jenis ini merupakan lampu neon yang berukuran lebih kecil bentuknya hampir sama dengan lampu pijar biasa, sama seperti lampu neon lampu ini akan menyala apabila gas yang ada didalamnya di aliri listrik.

4. Lampu LED (light emiting diode)
Lampu jenis ini sangat banyak digunakan pada kehidupan zaman sekarang, selain konsumsi daya yang rendah juga cahaya yang di hasilkan tidak kalah dari jenis lampu yang lain. Lampu ini tidak menggunakan filamen namun menggunakan dioda sebagai komponen untuk menghasilkan cahayanya.

Pada pembahasan kali ini saya akan berfokus pada perakitan atau instalasi lampu TL karna instalasinya yang aga rumit untuk orang yang awam listrik.

Pada umumnya lampu TL sering di gunakan di pabrik ,hotel atau perkantoran dan lainya, jarang sekali lampu ini di gunakan untuk rumah biasa , karena perakitan lampu TL yang cukup rumit dan cahaya yang dihasilkan sangat terang berbeda dengan lapu CFL dan lampu pijar cahanya yang di hasilkan terang dan lembut cocok untuk ruangan rumah selain itu lampu jenis ini sangat mudah di gunakan. 

Berikut adalah cara pengkabelan lampu TL merk Philips.
Untuk instalasi lampu TL siapkan beberapa alat seperti berikut:
1. Cassing tube lamp
2. Tube lamp/ lampu TL
3. Stater / sekring
4. Ballas/ trafo lampu TL
5. Fiting lampu TL
6. Kabel
 
Lakukan perakitan kabel seperti gambar berikut.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat 

Posting Komentar untuk "CARA PASANG LAMPU TL PHILIPS DENGAN MUDAH"