Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PEMASANAGAN SAKLAR TUNGGAL BROCO SEDERHANA UNTUK PEMULA

SAKLAR TUNGGAL merupakan salah satu komponen kelistrikan yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus listrik.
 

Dari fungsinya tersebut saklar tunggal dapat di manfaatkan untuk menghidupkan dan mematikan sebuah lampu, namun kenyataannya bisa saja saklar tunggal dipakai untuk menyalakan lebih dari satu lampu bahkan ada saklar tunggal menyalakan 4 lampu sekaligus, itu sangat tidak di anjurkan karna dapat merusak saklar tersebut akibat kelebihan beban.

Di pasaran banyak sekali merek terkenal yang mempunyai kwalitas yang bagus contoh nya seperti saklar tunggal BROCO , saklar tunggal panasonic dan lain-lain.

Bagi orang awam kelistrikan, mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara pemasangan sebuah saklar listrik di rumah, apabila saklar tersebut mengalami kerusakan atau harus di ganti dengan yang baru. 

Dalam pemasangan saklar tunggal jarak antara saklar dari lantai idealnya 110- 120 cm dan jarak pemasangan saklar dari pintu sekitar 30 cm.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara pemasangan saklar tunggal yang baik dan benar. 

Pertama siapkan alat dan bahan yang di perlukan untuk mempermudah kita dalam pemasangan saklar tunggal yaitu:
1. Tang kombinasi
2. Tespen
3. Kabel
4. Saklar tunggal
5. Isolasi 
6. Tdus

Pada gambar berikut memperlihatkan bagaimana cara instalasi kabel pada saklar tunggal.




L (phase) dalam gambar pengkabelan diatas pemasangan kabelnya melewati saklar tunggal, lalu dari saklar tunggal langsung ke lampu. 

Pada pemasanagan seperti itu arus yang mengalir ke lampu akan di putus atau di sambung dengan saklar sehingga hidup matinya lampu dapat di kontrol dengan saklar tersebut. 

Perlu diingat kabel yang melalui saklar harus berupa fase agar ketika kita mengganti lampu, saklar dalam keadaan memutus maka arus tidak akan mengalir, artinya ketika ada perbaikan lampu kita tidak akan tersetrum arus listrik.
Demikian penjelasan singkat dari saya semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CARA PEMASANAGAN SAKLAR TUNGGAL BROCO SEDERHANA UNTUK PEMULA"