Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PEMASANGAN SAKLAR HOTEL ATAU SAKLAR TUKAR

Saklar tukar atau yang lebih dikenal Saklar hotel , merupakan salah satu komponen kelistrikan yang sering digunakan dalam instalasi penerangan hotel, jadi istilah saklar hotel muncul karena pemakaiannya sering di gunakan pada instalasi hotel.
Saklar tukar atau saklar hotel merupakan Saklar yang unik karena kegunaanya yang dapat mengontrol lampu dari dua tempat yang berbeda.

Banyak sekali merek merek saklar hotel yang mempunyai kwalitas bagus, seperti saklar hotel panasonik , broco dan lain lain.
Untuk pemasangan saklar hotel ini memang sedikit rumit untuk yang awam tentang kelistrikan. Namun dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara penginstalasiannya.

Contoh pengunaan saklar hotel adalah pada suatu instalasi kamar hotel terdapat dua titik saklar yang di tempatkan pada satu titik dekat pintu dan titik yang lain dekat dengan tempat tidur, tujuannya ketika seorang tamu masuk kamar dia akan menyalakan lampu dari titik dekat pintu lalu kemudian si tamu bisa mematikan lampu yang sama pada titik tepat tidurnya .

Dari kondisi di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi saklar ini untuk memudahkan penggunanya agar tidak bolak balik mematikan dan menghidupkan lampu di tempat yang sama.

Dalam melakukan instlasi saklar hotel pastikan ketentuan sebagai berikut :
Pastikan jarak saklar dengan pintu 10 cm dan jarak saklar dari lantai 110- 120 cm dan saklar pada titik tempat tidur sekitar 90 cm.

Berikut adalah gambar instalasi saklar hotel 1 lampu, 

Cara kerja wiring diagaram sakalar tukar (hotel) diatas adalah :
Ketika pada Saklar 1(S1) kondisi a dan b terhubung dan pada Saklar 2(S2)  kondisi a dan b juga terhubung maka keadaan lampu akan menyala, dan apa bila salah satu saklar dirubah posisinya, misal S1 dirubah posisi saklarnya jadi a dan c terhubung maka keadaan lampu akan mati, begitu pun sebaliknya.
Semoga artikel ini bermafaat untuk para pembaca, dan mohon maaf apa bila penjelasannya banyak kekurangan mohon kritik dan sarannya.

Posting Komentar untuk "CARA PEMASANGAN SAKLAR HOTEL ATAU SAKLAR TUKAR"