Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WARNA KABEL MOTOR POMPA AIR JET PUMP DAN SEMI JET PUMP MERK DAB SERTA CARA PENGUKURAN GULUNGAN

Warna kabel motor pompa air jet pump dan semi jetpum merk DAB serta cara pengukuran gulungan.
Pompa air merupakan alat yang di gunakan untuk menghisap air dari dalam sumur sehingga naik kepermukaan dan kita bisa mengambil air dengan mudah, sebelum adanya pompa air listrik pengambilan air dirasa sangat sulit karna menggunakan alat manual yaitu dengan cara menimba atau memompa dengan tangan dan itu cukup menguras tenaga.

Pemanfaatan  pompa air listrik sudah banyak digunakan di rumah- rumah masyarakat hampir setiap rumah sudah memiliki pompa air listrik, ada 2 jenis pompa air yang sering digunakan di masyarakat saat ini yaitu pompa air jet pump dan semi jet pump.

Pada pompa air jet pump dan semi jet pump perbedaannya terletak pada daya hisap dan daya dorong airnya, pada pompa jet pump lebih kuat di bandingkan semi jet pump, dari kedalaman sumur yang di pakai jet pump di gunakan pada sumur yang dalam maxsimal sekitar 20 meter sedangkan untuk semi jet pump di gunakan maksimal 11 meter.

Pada instalasi sebuah motor pompa air penting sekali kita mengetahui warna-warna kabel pada motor tersebut, tujuannya untuk mempermudah kita dalam menentukan atau membedakan gulungan utama dan gulungan bantu, agar pada saat instalasi tidak terjadi kesalahan penyambungan yang bisa menyebabkan kerusakan pada motor pompa. 

Pada sebuah motor, warna kabel ini berguna untuk memudah kan instalasi pompa air mulai dari warna gulungan dan warna kabel kapasitor pompa air,tiap merk motor pompa berbeda beda warna kabelnya.
Berikut adalah gambar terminal motor pompa air dan wiring pengkabelannya:

Pada gambar wiring pengkabelan diatas kabel warna merah dan abu- abu merupakan gulungan utama dan kabel warna merah - hitam merupakan gulungan bantu dan ada kapasitor diantara kabel abu-abu - hitam kapasitor ini berfungsi sebagai stater motor.

Dalam kasus lain ada kebingungan dalam menentukan gulungan motor karna kabel yang sudah pudar, maka solusinya adalah kita harus mengukur kumparan motor dengan OHM meter untuk mengetahui nilai resistasi nya. Lihat gambar berikut:

Pada pengukuran di atas terlihat bahwa resistansi gulungan utama nilainya lebih kecil (25 ohm) di bandingkan nilai resistansi gulungan bantu(100 ohm). jadi ketika kita mengukur kabel motor pompa yang pudar maka dapat dipastikan kabel dengan resistansi kecil adalah gulungan utama dan kabel dengan resistansi besar adalah gulungan bantu. 
Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "WARNA KABEL MOTOR POMPA AIR JET PUMP DAN SEMI JET PUMP MERK DAB SERTA CARA PENGUKURAN GULUNGAN"